Home / UMKM / Peran Ibu Strategis Dalam Menyangga Ketahanan Keluarga di Tengah Pandemi
Bupati Jepara
Bupati Jepara Dian Kristiandi didampingi Ketua TP PKK Jepara Hesti Nugroho mencicipi produk unggulan Jepara di Pendopo Jepara, Selasa (22/12/2020).

Peran Ibu Strategis Dalam Menyangga Ketahanan Keluarga di Tengah Pandemi

JEPARA – Peran perempuan atau ibu sangat strategis dalam menghadapi pandemi Covid-19. Meski di situasi yang serba sulit, para perempuan harus terus bergerak dan menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana Covid-19 ini. Hal ini disampaikan oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi saat membuka Seminar Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Masa Pandemi dalam rangka Peringatan Hari Ibu Tahun 2020 di Pendopo RA. Kartini, Selasa (22/12/2020).

Jepara

“Para perempuan terjun menjadi penggerak kesadaran masyarakat di tiap pelosok daerah. Mereka juga berkontribusi mengisi pembangunan dengan mengambil peran penting menjaga kesehatan, menjaga ekonomi keluarga serta membangun benteng ketahanan keluarga dalam mencegah penyebaran covid-19,” kata Bupati Andi.

Maka dari itu, lanjut Bupati, peran dan kiprah perempuan di manapun berada harus terus didukung dan didorong agar lebih berdaya. Semangat peringatan Hari Ibu ini selayaknya dapat menempatkan perempuan pada posisi yang lebih terhormat dengan menghilangkan sekat diskriminasi dan perlakuan obyektif terhadap kaum perempuan.

“Perempuan dan para ibu tidak boleh dihalangi untuk berkarya dan berkembang jika kita ingin indonesia mencapai potensi maksimalnya,” imbuhnya.

Bupati Jepara

Bupati menambahkan, para perempuan harus mampu ikut menyangga kemandirian ekonomi keluarga, tanpa harus melupakan kodrat dan kedudukannya. Oleh karena itu, akses ekonomi bagi perempuan harus ditingkatkan untuk menuju perempuan mandiri. “Selain itu, ketahanan keluarga juga perlu ditingkatkan untuk mewujudkan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang kehidupan,” jelas Andi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AK2KB) Kabupaten Jepara Inah Nuroniah mengatakan, dampak Covid-19 tidak hanya pada kesehatan melainkan juga pada ekonomi sehingga para ibu harus melakukan efisiensi.

Bupati Mas Andi

Peringatan Hari Ibu tahun 2020 di Pemkab Jepara, selain menggelar seminar, juga dilakukan lomba produk unggulan industri rumahan yang diikuti oleh puluhan orang. Turut diberikan juga sejumlah bantuan dan penghargaan kepada para tokoh terpilih.

About Fery Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *