Home / Religi / Pandemi Jadi Momentum Berdayakan Potensi Lokal

Pandemi Jadi Momentum Berdayakan Potensi Lokal

JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan jika pandemi Covid-19 ini harus dijadikan momentum memberdayakan potensi lokal. Dengan demikian harapannya mampu memenuhi kebutuhan sendiri wilayahnya melalui pengembangan pangan lokal dan kebutuhan lainnya. Hal ini disampaikan oleh Dian Kristiandi saat melakukan Silaturahim dan Doa Bersama Lintas Agama di Pendapa Kecamatan Batealit, Selasa (10/11/2020).

“Sampai kini kita belum secara persis kapan pandemi ini akan berakhir. Di kondisi ini semua negara tentu akan memprioritaskan pasokan logistik untuk dalam negerinya masing-masing. Salah satu cara agar bisa bertahan yakni dengan memaksimalkan kekuatan potensi lokal yang dimiliki, baik sektor pertanian maupun perkebunan, maka jika terjadi krisis pangan, kita sudah siap,” kata Bupati Andi.

Andi menambahkan, adanya pandemi dikhawatirkan dapat menganggu rantai pasok pangan yang selama ini didapat dari luar. Pandemi, lanjutnya telah mengubah perilaku masyarakat serta membuat perekonomian rentan.

Dian Kristiandi

“Saat pandemi ekonomi kita jelas turun. Dan untuk bisa bertahan memang memaksimalkan potensi yang ada. Jika di sini (Batealit) hasil perkebunan seperti kopi bisa dioptimalkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Andi mengatakan, Pemkab terus mendorong produk potensial lokal untuk dijadikan sebagai komoditas dagang untuk mengisi atau memperkuat rantai pasok. “Diperlukan juga inovasi agar produk dan bisnis yang dihasilkan bisa bertahan lama dan adaptif,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati kembali mengingatkan pentingnya peran para tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menghadapi pandemi ini. Sebab, tokoh agama lebih efektif dalam memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan.

“Sejauh ini cara yang efektif memutus mata rantai penyebaran covid-19 yakni dengan mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu kami mohon para bapak untuk ikut mengedukasi dan memberi contoh kepada masyarakat,” tandasnya.

Silaturahim dan doa bersama ini dihadiri oleh sejumlah pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jepara. Para pimpinan OPD, camat, kapolsek, danramil dan para perwakilan lembaga lainnya.

About Fery Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *