Home / Pencapaian / Nol Kasus, Bupati Apresiasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Desa Kunir

Nol Kasus, Bupati Apresiasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Desa Kunir

JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di Desa Kunir Kecamatan Keling. Apresiasi dilakukan lantaran sejak awal munculnya pandemi hingga awal Oktober 2020 ini belum ada kasus terkonfirmasi Covid-19 di desa tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Dian Kristiandi saat melakukan monitoring dan evaluasi Satgas Jogo Tonggo, pada Kamis (8/10/2020), di Desa Kunir, Kecamatan Keling. Hadir dalam kegiatan tersebut, Jajaran Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jepara, KH. Mashudi, Ir. Sholih MM, dan Khoeron Syarifudin.

Bupati Dian Kristiandi

“Saya meminta kepada masyarakat Desa Kunir untuk tetap mempertahankan zona hijau persebaran Covid-19. Salah satu keberhasilan untuk mempertahankan zona hijau ini, adalah peran pemerintah desa, bersama dengan Satuan Tugas Jogo Tonggo,” kata Bupati Andi.

Menurut bupati, hingga saat ini, Desa Kunir masih 0 kasus covid. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran pemerintah desa, bersama jajaran Kepolisian, TNI yang bertugas di tingkat desa. Serta dukungan penuh dari tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat desa setempat.

Diungkapkan Andi, kondisi yang dialami Desa Kunir, sama persis dengan wilayah Kepulauan Karimunjawa. Mereka mampu menjaga dan mempertahankan wilayahnya dari persebaran Covid-19, atau belum ditemukan kasus sekalipun. Untuk itu, Pemkab Jepara tengah menyiapkan agar Kecamatan Karimunjawa, untuk menjadi percontohan pelaksanaan pendidikan tatap muka saat pandemi.

“Ini merupakan embrio yang patut di contoh oleh desa lain. Pola seperti apa yang mereka gunakan untuk menekan laju pertumbuhan Covid,” beber dia.

Memang, kata bupati Desa Kunir secara geografis cukup menguntungkan karena berada di dataran tinggi, yang mudah dikontrol. Namun demikian, tanpa adanya konsistensi, dan kewaspadaan tinggi, hasil ini tidak akan tercapai.

Dalam kesempatan itu, bupati menyerahkan berbagai macam bantuan logistik pangan berupa beras, minyak goreng, mie instan, susu, kecap, dan saos. Selain itu juga bantuan non logistik berupa face shield dan masker. “Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

About Fery Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *