Home / Aksi / Kampanyekan World Cleanup Day, Dian Kristiandi Edukasi Warga Pilah Sampah
Dengan mengendarai sepeda roda tiga, Bupati Jepara Dian Kristiandi berkeliling ke rumah sejumlah warga di Desa Kaliombo Kecamatan Pecangaan, Jumat (24/9/2021)

Kampanyekan World Cleanup Day, Dian Kristiandi Edukasi Warga Pilah Sampah

JEPARA – Dengan mengendarai sepeda roda tiga, Bupati Jepara Dian Kristiandi berkeliling ke rumah sejumlah warga di Desa Kaliombo Kecamatan Pecangaan, Jumat (24/9/2021) pagi. Orang nomor satu di Jepara itu mendatangi rumah warga untuk mengambil sampah yang milik warga. Aksi yang dilakukan ini menjadi bagian dari kampanye World Cleanup Day 2021 yang dilakulan oleh orang nomor satu di Jepara ini.

Andi, sapaan akrab Dian Kristiandi dalam kesempatan itu juga langsung memberikan edukasi kepada warga untuk memilah sampah rumah tangga yang dihasilkan langsung dari rumah masing-masing. Pemilahan itu, akan memudahkan petugas pengambil serta dalam pemanfaatan sampah dan limbah tersebut.

“Ini tolong dipilah ya bus sampahnya, untuk organik dimasukkan ke tong organik begitu juga yang non organik harus dipisah. Biar memudahkan dalam proses selanjutnya,” kata Andi.

Andi menambahkan, sampah non organik, akan berbahaya bagi lingkungan jika dibuang begitu saja tanpa dilakukan pengolahan yang benar. Namun, di sisi lain mempunyai nilai tambah jika dimanfaatkan dengan benar. Bahkan bisa memberikan tambahan penghasilan.

“Seperti botol air mineral, bisa dikumpulkan dan diolah menjadi barang yang bernilai tinggi. Warga kumpulan sampah dan dapat diganti telur untuk memenuhi kebutuhan protein,” katanya.

Dalam kesempatan itu, bupati memberikan fasilitas kepada kelompok berupa motor pengangkut sampah roda tiga. Selain itu juga diberikan bantuan takakura atau alat pengomposan sampah organik skala rumah tangga, biopori, tong sampah, hingga berbagai bibit tanaman untuk penghijauan.

About Jambrong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *