Home / Berita / Dian Kristiandi : Pemilihan Duta Wisata Diharapkan Jadi Sinergi Pembangunan dan Promosi Wisata
Bupati Jepara Dian Kristiandi Saat Memberikan Hadiah Kepada Pemenang Duta Wisata 2021 yakni Syahrul Habib Maulana dan Efie Rohmatin Marfuah

Dian Kristiandi : Pemilihan Duta Wisata Diharapkan Jadi Sinergi Pembangunan dan Promosi Wisata

JEPARA – Setelah melalui proses yang panjang, Syahrul Habib Maulana dan Efie Rohmatin Marfuah terpilih sebagai Duta Wisata Kabupaten Jepara tahun 2021. Dalam grand final yang digelar di Sekuro Village, Mlonggo, Selasa (2/11/2021) malam, keduanya menyisihkan 14 pasang peserta lainnya.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyambut baik pemilihan duta wisata Jepara ini. Pemilihan duta wisata, katanya, merupakan sinergi antara pembangunan pariwisata dengan promosi potensi wisata di kota ukir.

“Duta wisata kini merupakan generasi milenial yang tentu memiliki cara tersendiri dalam mempromosikan pariwisata,” kata Bupati Andi.

Andi menjelaskan jika sektor pariwisata masih menjadi prioritas serius dari Pemkab Jepara. Hal ini lantaran potensi besar yang dimiliki Jepara di bidang pariwisata.

“Pariwisata juga masih menjadi lokomotif perekonomian Jepara. Dimana menyumbang cukup signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Jepara,” imbuh Andi.

Pariwisata, lanjut Andi, juga memiliki multiplier effect sehingga akan ikut mempengaruhi sektor-sektor ekonomi lainnya. Akan tetapi, pandemi Covid-19 membuat sektor ekonomi, sosial terhenti, tak terkecuali sektor pariwisata.

”Namun saya percaya sektor wisata memiliki posisi yang strategis dalam upaya recovery atau pemilihan ekonomi pasca pandemi yang melanda ini,” jelas Andi.

Dalam kesempatan itu, politisi PDIP itu berpesan agar generasi muda tetap mempertahankan kepribadian sebagai orang timur. Dengan prestasi yang Adik-Adik raih, kata Andi, akan menjadi inspirasi bagi generasi muda yang lain.

“Untuk itu saya harap selalu berperilaku yang baik dan mempunyai karakter yang bisa dibanggakan. Pertahankan perilaku dan kepribadian orang timur,” pesan Andi.

Sementara itu, Kepala DIsparbud Jepara, Zamroni Lestiaza mengatakan jika tahun ini peserta pemilihan duta wisata mencapai rekor tertinggi dengan 150 orang peserta. Menurutnya, banyaknya partisipan itu bisa jadi karena mungkin sedang pandemi sehingga saat siswa belajar di rumah memberikan lebih banyak waktu untuk ikut berpartisipasi.

“Tahun ini memang tidak ada pemilihan duta wisata tingkat provinsi. Namun untuk memacu generasi muda di Jepara mengenal dan mempromosikan sektor wisata, kita tetap mengadakan pemilihan di tingkat kabupaten,” tandas Zamroni.

About Jambrong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *