Home / Berita / Canangkan HCTPS, Masyarakat Diajak Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Canangkan HCTPS, Masyarakat Diajak Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak masyarakat membiasakan mencuci tangan memakai sabun. Sebab, menjaga kebersihan tangan sama pentingnya dalam mencegah penyakit dan menjaga kesehatan, terutama anak-anak. Hal ini disampaikan oleh Dian Kristiandi saat memimpin apel Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) di Halaman SDN 1 Bringin Kecamatan Batealit, Selasa (19/10/2021).

“Kebiasaan mencuci tangan memakai sabun terlihat sederhana dan murah, namun merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengentikan penyebaran kuman dan infeksi penyakit,” kata Bupati Andi.

Salah satu penelitian, lanjtu Andi, bahkan mencatat bahwa mencuci tangan memaki sbaun di air mengalir dapat mencegah 1 dari 3 penyakit diare serta 1 dari 5 infeksi saluran pernafasan seperti flu.

“Melalui peringatan HCTPS ini, kita diingatkan kembali betapa pentingnya kebiasaaan mencuci tangan agar tetap sehat. Kebiasaaan mencuci tangan menggunakan sabun ini perlu dimulai dari keluarga dan dilakukan sejak dini,” lanjut Andi.

Andi menambahkan, di masa pandemi ini, salah satu penelitian menyebutkan bahwa cuci tangan memakai sabun dapat mengurangi resiko terkena Covid-19 sebesar 36 persen. Sehingga mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara paling sederhana untuk melindungi diri dari penyebaran virus di masa pandemi ini.

“Untuk itu, saya minta peringatan HCTPS ini jangan berhenti sebatas acara seremonial, namun harus menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, demi diri yang sehat, anak-anak yang sehat dan Jepara yang sehat,” tandas politisi PDIP ini.

Apel pencanangan HCPTS ini diikuti oleh siswa dan guru SDN 1 Bringin, para petinggi di Kecamatan Batealit hingga pimpinan perangkat daerah terkait. Usai apel, Bupati Dian Kristiandi bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jepara Hesti Nugroho juga mempraktekkan cuci tangan memaki sabun di depan anak-anak SDN 1 Bringin.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan sejumlah bantuan diantaranya alat pencuci tangan portable, UKS Kit, bibit buah, bibit cabe, jamban hingga bibit ikan nila dan lele. Anak-anak SDN 1 Bringin juga melakukan senam HCTPS dan senam pinguin usai apel diselenggarakan sebagai bagian dari kampanye HCPTS.

About Jambrong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *