Home / Berita / Bupati Andi : Puisi Masih Relevan Sebagai Kontrol Sosial  

Bupati Andi : Puisi Masih Relevan Sebagai Kontrol Sosial  

JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan jika puisi dan karya sastra masih relevan untuk menjadi kontrol sosial di masyarakat. Melalui untaian kata diatas selembar kertas, karya puisi mampu menggambarkan sebuah kondisi, ruang dan waktu serta harapan-harapan akan hadirnya sebuah hal yang lebih baik. Hal ini disampaikan oleh Dian Kristiandi saat membuka Lomba Baca Puisi Kreatif (LBPK) Tingkat Nasional ke-10 di Pendapa RA. Kartini Jepara, Sabtu (30/10/2021) malam.

“Dalam pembangunan daerah, karya sastra seperti puisi  masih mampu sebagai kontrol sosial. Mampu menjadi penyeimbang bagi pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan,” kata Bupati Andi.

Andi menambahkan, dalam perjalanannya, karya sastra telah banyak mewarnai pembangunan negara ini. Mulai dari Angkatan Pujangga Lama, Angkatan Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan Reformasi hingga saat ini para sastrawan masih menulis puisi yang bersifat perjuangan dan nasionalisme.

“Inilah bukti kesusastraaan ikut berperan dalam berbagai bidang pembangunan bangsa kita,” lanjut Bupati Andi.

Lebih lanjut politisi PDIP itu menyambut gembira mulai munculmya gairah berkesenian di Jepara saat ini. Banyaknya pagelaran seni dan budaya yang diadakan oleh kelompok-kelompok masyarakat menunjukan jika seni budaya adalah kebutuhan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan gairah kesenian yang semakin meningkat ini dapat memajukan seni  dan kesusastraan di kota ukir,” ungkap Andi.

Pemerintah Kabupaten Jepara, lanjut Andi, terus berkomitmen untuk membangun seni dan budaya local. Tujuannya adalah untuk membangun nilai-nilai seni dan apresiasi seni untuk meningkatkan kemartabatan seniman  dan masyarakat.

“Sekaligus tentu juga untuk meningkatkan mutu seni dan apresiasi terhadap kesenian,” jelas Andi.

Andi berharap LPBK yang digagas oleh Yayasan Gaperto ini akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Serta memberikan manfaat bagi perkembangan kesusastraan Indonesia dan Jepara.

“Dari tahun ke tahun semakin berkembang dan sekarang sudah sampai tingkat nasional. Semoga ke depan semakin baik lagi,” tandas politisi PDIP ini.

About Jambrong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *