Home / Seni Budaya / Berdedikasi Lestarikan Batik, Bupati Terima Penghargaan dari Undip
Batik Jepara
Para penari memperlihatkan hasil karya dari Pembatik Jepara. Dan ini di beri nama Batik Ratu Kalinyamat.

Berdedikasi Lestarikan Batik, Bupati Terima Penghargaan dari Undip

JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi menerima penghargaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Penghargaan atas dedikasi Dian Kristiandi terhadap pelestarian batik Jepara.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) Alamsyah, didampingi tim peneliti Siti Maziyah, pada Jumat (20/11/2020), di Pendopo Kartini Jepara. Selain Dian Kristiandi, penghargaan juga diberikan kepada pemerhati batik Jepara Hadi Priyanto, dan perajin batik Suyanti Jatmiko.

Mas andi jepara

 

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan jika perhatian Pemkab Jepara terhadap keberadaan batik lokal Jepara bukan untuk meraih penghargaan. Melainkan substansinya untuk melestarikan dan mengembangkan batik Jepara sebagai sebuah warisan budaya agar dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Kita jangan sampai menolak masuknya seni dan budaya asing selama tidak menggantikan atau mematikan seni dan budaya lokal. Justru jadikan kesempatan itu untuk memperkuat kualitas dan memperkaya ragam dari batik Jepara itu sendiri,” kata Bupati Andi.

Andi menambahkan, saat ini batik Jepara mengalami perkembangan yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari dari jumlah perajin batik di Jepara yang terus bertambah. Beragam motif khas Jepara juga terus dilahirkan oleh para perajin batik tersebut.

Batik Lokal Jepara

“Pengembangan kearifan lokal melalui batik ini juga menjadi salah satu upaya kita untuk meningkatkan ketahanan budaya di tengah kompleksitas dampak modernisasi dan globalisasi yang tak dapat kita hindari,” jelasnya.

Sementara itu, Alamsyah mengatakan, agenda yang diusung dalam kegiatan ini adalah pemberian penghargaan kepada pribadi selaku individu atau yang memegang jabatan, yang oleh peneliti dipandang mempunyai kontribusi terkait dengan batik motif lokal Jepara.

Penghargaan ini didasarkan riset selama 3 tahun melalui Penelitian Terapan Unggulan perguruan Tinggi (PTUPT) dibawah naungan LPPM Undip Semarang.

“Kami memandang bupati Jepara Dian Kristiandi, berdasarkan pengamatan dan interaksi kami yang diukur dari komitmen terhadap industri kreatif batik cukup baik. Sehingga layak untuk mendapatkan penghargaan ini,” kata Alamsyah.

Batik Jepara
Peran ini menunjukkan bentuk implementasi dari Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama masa jabatan bupati. Dari interaksi yang dilakukan peneliti, ada upaya sungguh-sungguh dari bupati untuk memajukan industri kreatif batik sebagai identitas lokal Jepara, di tengah meredupnya kemampuan mengukir masyarakat Jepara.

“Kami percaya perhatian beliau terhadap perkembangan batik motif lokal Jepara akan semakin meningkat,” katanya.

About Fery Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *